Hal utama yang menonjol dari game petualangan teks adalah biasanya game ini tidak memiliki grafik. Dunia game terdiri dari banyak lokasi yang dijelaskan menggunakan kata-kata, meskipun beberapa game petualangan teks akan menampilkan gambar lokasi beserta deskripsinya. Memainkan permainan melibatkan instruksi pengetikan untuk memberi tahu permainan apa yang ingin Anda lakukan. Misalnya mengetik “pergi ke utara” untuk pindah ke lokasi lain atau “ambil lampu” untuk mengambil lampu jika ada di lokasi Anda sekarang.

Objek dari game petualangan ini adalah untuk menyelesaikan sebuah pencarian. Ini bisa untuk membunuh naga, menyelamatkan seorang putri, memulihkan sebuah benda, atau memecahkan misteri. Gim ini bertindak sebagai mata, telinga, dan sentuhan Anda – menggambarkan apa yang terlihat di lokasi Anda saat ini bersama dengan objek apa pun yang dapat Anda ambil. Saat Anda melakukan perjalanan melalui dunia game, Anda akan menemukan berbagai teka-teki yang harus diselesaikan sebelum Anda melanjutkan, bersama dengan bahaya yang harus diatasi.

Berikut adalah contoh game petualangan teks yang sedang beraksi.

Anda berada di hutan. Sebuah jalan panjang berliku mengarah ke utara dan sebuah pondok kecil berdiri di selatan. Di sebelah timur, di kejauhan, ada gua besar.

Ada lampu di sini.

Apa yang ingin kamu lakukan?

> ambil lampu

Anda sekarang memiliki lampu.

> lampu lampu

Tidak ada minyak di lampu.

Jadi, Anda tahu Anda berada di hutan di mana Anda bisa melihat jalan, pondok, dan gua. Anda dapat memilih untuk pergi ke salah satu area yang dijelaskan dengan mengetik sesuatu seperti “n”, “north” atau “go north”. Ada juga lampu di lokasi ini yang bisa anda ambil tapi jika anda ingin menyalakannya maka anda perlu mencari minyak. Ini adalah teka-teki yang perlu Anda pecahkan karena Anda akan membutuhkan lampu untuk masuk ke dalam gua, jika tidak maka akan terlalu gelap untuk dilihat.
Sekarang mari kita lihat bagaimana game petualangan teks disatukan.

MENCIPTAKAN DUNIA GAME ANDA

Seperti buku, game petualangan teks biasanya dimulai dengan satu ide. Bayangkan sebuah desa di mana orang-orang sekarat karena penyihir jahat mengutuk mereka. Lokasi di dunia game Anda sebagian besar terdiri dari desa, kastil, hutan, dan gua. Sekarang katakanlah bahwa pencarian Anda adalah mencapai kastil penyihir dan membunuhnya sehingga kutukannya akan diangkat. Kastilnya akan menjadi tujuan terakhirmu dalam game. Mungkin desa terkutuk bisa menjadi lokasi awal Anda. Sekarang Anda dapat membuat daftar lokasi dalam permainan yang akan mencakup sesuatu seperti: desa1, desa2, sungai, danau, gua1, gua2, kliring, gunung1, gunung2, warung desa, hutan dan sebagainya.

Jika suatu lokasi mencakup area yang lebih luas atau merupakan bangunan maka Anda dapat menumpahkannya ke sub-lokasi seperti timur hutan, barat hutan, depan gua, tengah gua, belakang gua, dapur warung, bar kedai dll. Anda juga perlu memastikan bahwa lokasi sudah terlihat sebelum Anda menyebutkannya dalam deskripsi lokasi Anda. Misalnya Anda tidak dapat melihat kedai dapur kecuali Anda masuk ke kedai terlebih dahulu. Tentu saja ini jelas, tetapi kesalahan semacam itu mungkin saja terjadi.

KONEKSI

Agar pemain dapat berpindah-pindah di dunia game Anda, Anda perlu menghubungkan lokasi Anda bersama. Misalnya: jika Anda berada di desa terkutuk dan ada kedai minum yang Anda ingin mereka kunjungi, maka Anda perlu memberi tahu mereka ke arah mana masuknya. Anda berkeliling dunia game menggunakan arah kompas yaitu utara, selatan, timur, barat , timur laut, barat laut, tenggara dan barat daya. Beberapa game bahkan mengizinkan naik turun.

Jadi untuk menghubungkan lokasi, Anda perlu memutuskan apa yang dapat kami lihat dari lokasi Anda saat ini. Di sebuah desa, Anda akan melihat bar, toko, sekolah, dan gereja. Sekarang putuskan ke mana mereka masuk. Jadi misalkan kedai minum di utara, sekolah di selatan, toko di timur dan gereja di barat. Setiap lokasi dalam permainan Anda akan memiliki nomor dan daftar koneksi Anda akan terlihat seperti ini.

Lokasi 01 – Desa Terkutuklah

Utara = Lokasi 01, Selatan = Lokasi 02, Barat = Lokasi 03, Timur = Lokasi 04

Lokasi 02 – Tavern

Utara = Lokasi 05, Selatan = Lokasi 01

Perhatikan ada koneksi kembali ke lokasi 01? Selalu pastikan Anda dapat kembali ke lokasi sebelumnya dengan menggunakan kebalikan dari arah yang Anda gunakan untuk sampai ke sana … Utara untuk sampai ke sana dan Selatan untuk kembali. Timur untuk sampai ke sana dan Barat untuk kembali.
Beberapa lokasi tidak dapat diakses sampai Anda memecahkan teka-teki. Pada contoh sebelumnya ada sebuah gua yang akan menjadi gelap. Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan lampu terlebih dahulu, mencari minyak, lalu menyalakannya sebelum Anda dapat memasuki gua. Lokasi lain mungkin dijaga sehingga Anda perlu cara untuk menyingkirkannya, atau melewati penjagaan tersebut. Membuat teka-teki untuk mencapai beberapa lokasi membuat game Anda lebih menarik daripada memungkinkan pemain untuk mendapatkan tempat dengan mudah.

OBYEK

Benda adalah barang yang bisa digunakan, dimakan atau dipakai. Tujuan mereka adalah untuk membantu Anda dalam pencarian Anda dan untuk memecahkan teka-teki tertentu. Terkadang benda-benda harus digabungkan satu sama lain: seperti minyak dan lampu agar bisa bekerja. Benda biasanya ditemukan di lokasi yang menunggu untuk dijemput. Beberapa objek adalah objek tersembunyi hingga ditemukan di dalam game. Misalnya, bola kristal mungkin terkunci di bagasi dan hanya akan muncul di lokasi saat ini jika bagasi telah dibuka.

Bayangkan Anda ingin masuk ke suatu gedung dan penjaga menghentikan Anda. Mungkin Anda bisa mendapatkan uang dan menyuapnya. Atau mungkin Anda bisa menemukan penyamaran untuk dipakai yang memungkinkan Anda melewatinya. Objek dapat digunakan dengan cara yang tidak terbatas untuk menambahkan teka-teki ke game Anda dan membuatnya jauh lebih menantang bagi pemain.

Satu hal yang perlu diingat: Jangan membuat suatu benda terlalu besar atau berat untuk dibawa oleh pemain dan batasi jumlah barang yang dapat mereka bawa. Game petualangan juga memungkinkan pemain untuk menjatuhkan barang yang mereka bawa sehingga mereka dapat mengambil yang lain. Beberapa game petualangan memberi bobot pada objek sehingga berapa banyak objek yang dapat Anda bawa tergantung beratnya.

ACARA

Bayangkan memasuki sebuah gua dan berhadapan langsung dengan beruang grizzly besar yang ingin memakan Anda. Anda tidak dapat menjelajahi gua itu karena beruang menghalangi jalan Anda sehingga Anda harus mengatasinya. Acara hadir dalam tiga bentuk: Prioritas Tinggi, Prioritas Rendah, dan Lokal.

Prioritas Tinggi : Peristiwa ini terjadi segera setelah pemain memasuki lokasi sebelum mereka mendapat kesempatan untuk memasukkan perintah apa pun. Misalnya beruang bisa membunuh Anda begitu Anda memasuki gua sehingga Anda perlu melakukan sesuatu sebelum Anda masuk seperti membawa senjata atau mengenakan Armor.

Prioritas Rendah : Peristiwa ini menangani situasi yang terus berlanjut jika Anda terus bergerak melalui permainan. Misalnya jika Anda lapar, haus atau mengantuk, atau jika Anda terluka dan kehilangan darah. Peristiwa ini melaporkan status Anda sebelum memberikan kontrol masukan kepada Anda.

Lokal : Acara yang terjadi di lokasi Anda saat ini. Misalnya beruang tidak akan membunuh Anda begitu Anda memasuki gua, Anda akan mendapat kesempatan untuk membela diri atau meninggalkan gua. Setelah beruang itu ditangani, acara lokal akan menyatakan bahwa Anda “melihat beruang mati” atau “melihat beruang tidur”.

KESIMPULAN

Artikel ini membahas tulang-tulang dasar dari game petualangan teks dan memberikan informasi yang cukup untuk membantu Anda mulai membuatnya baik menggunakan bahasa pemrograman pilihan Anda atau pencipta petualangan khusus.

Jika Anda ingin mengetahui selengkapnya seputar dunia berita tekno, dan gadget anda dapat mengunjungi https://www.teknohits.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *