PlayBook akan diluncurkan oleh Research in Motion produsen BlackBerry, sedangkan Android dirancang oleh grup yang dipimpin oleh Google. Google telah menaruh minat khusus pada pengembangan dan pemasaran Android hanya karena ingin memperluas keunggulannya sebagai mesin pencari di dunia ponsel pintar juga.

Semakin banyak jumlah aplikasinya, semakin populer perangkat ponsel pintar tersebut. Ada perbedaan besar antara jumlah aplikasi BlackBerry dan aplikasi Android uptodown.co.id. Jumlah Aplikasi Android lebih dari 1,30,000 sedangkan BlackBerry hampir 20,000. Android memiliki pengikut dan dukungan komunitas yang besar. Jumlah aplikasi Android cukup tinggi hanya karena ini merupakan platform open source. Biaya pengembangan aplikasi Android cukup masuk akal dan tingkat pengembaliannya cukup terjamin. Perbedaan ini dapat berdampak sangat besar pada perilaku pembelian calon pengguna ponsel pintar.

Salah satu strategi manajemen bisnis adalah jika Anda tidak bisa melawan, lanjutkan. Inilah yang kemungkinan besar akan dicoba oleh RIM. RIM tahu bahwa cara terbaik untuk bertahan di pasar ponsel pintar adalah dengan merancang sistem operasi dan platform yang menjalankan aplikasi Android juga. Jika RIM berhasil membuat aplikasi Android berjalan di PlayBook, PlayBook tidak hanya akan memiliki fitur BlackBerry tetapi juga kompatibel untuk menjalankan aplikasi Android. Dalam situasi ini pengguna Play Book akan difasilitasi dengan sekitar 1.50.000 aplikasi. Ini dapat memberikan PlayBook dorongan yang sangat ditunggu dan tetap berada di depan produsen ponsel pintar lainnya.

Baca Juga: Menjaga Pandangan Mata Anda Tajam Tips Diet Sehat

Jika RIM mampu membuat aplikasi Android berjalan di PlayBook, RIM dapat meninggalkan iPhone jauh di belakang dalam hal popularitas dan jumlah aplikasi yang tersedia. Skenario pasar bisa berubah secara drastis. Sebelumnya ada tiga pesaing utama di bidang ponsel pintar; yaitu RMI (pabrikan Blackberry), Apple Inc. (pabrikan iPhone, iPod dan iPad) dan Android. Setelah pengenalan PlayBook yang mampu menjalankan aplikasi Android, iPhone dipastikan akan menghadapi tantangan terbesar untuk bertahan di pasar.

Ini hanya situasi hipotetis. Jika Apple Inc. juga memutuskan untuk mengizinkan berjalannya aplikasi Android di perangkat iPhone-nya, Google akan muncul sebagai pemenang terbesar di pasar ponsel pintar.

Pengembang ponsel pintar Alight Motion Pro sekarang harus terus mencermati tidak hanya perkembangan teknis tetapi juga strategi bisnis yang diadopsi oleh produsen yang berbeda. Ini akan memperjuangkan keberadaan dan kelangsungan hidup yang terkuat tetapi akhirnya itu akan menjadi pengguna ponsel pintar yang akan paling difasilitasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *